Bingung memilih kamera mirrorless full frame? Simak perbandingan sistem full frame pade kamera Sony, Nikon, Canon, serta Panasonic berikut ini.

Sampai beberapa tahun yang lalu, sistem sensor full frame hanya ditemukan di kamera-kamera DSLR sepeti Canon atau Nikon.

Namun dengan semakin populernya kamera mirrorless, mulai banyak produsen-produsen kamera yang memproduksi kamera mirrorless dengan sensor full frame, beberapa di antaranya seperti Sony, Nikon, Canon, serta Panasonic.

Perbandingan Full Frame Sony, Nikon, Canon, Panasonic

  • Kamera Full Frame Sony

    Full Frame Mirrorless

    Full Frame Mirrorless Sony vs Nikon vs Canon vs Panasonic: Manakah yang Paling Unggul? – full frame mirrorless – pondoklensa.com

    Sony meluncurkan kamera full frame mirrorless pertamanya pada tahun 2013 melalui seri Aplha 7 Series. Seri ini terdiri dari model Alpha 7, Alpha 7R, serta Alpha 7S yang masing-masing memiliki sensor CMOS beresolusi 24,3 megapiksel, 36,4 megapiksel, serta 12,2 megapiksel.

    Setelah sukses dengan seri Alpha 7 Series I, II, dan III, Sony baru-baru ini mengeluarkan produk kamera mirrorless full frame terbaru melalui seri Aplha 9.

    Dengan sensor full frame Exmor RS bertipe stacked 24,2 megapiksel dan processor BIONZ X baru, kamera yang memang dirancang khusus untuk fotografer profesional ini mampu menjepret 241 gambar RAW atau 362 gambar JPEG tanpa henti dalam kecepatan 20fps.

  • Kamera Full Frame Nikon

    Full Frame Mirrorless Sony vs Nikon vs Canon vs Panasonic: Manakah yang Paling Unggul? – full frame mirrorless

    Baru-baru ini Nikon baru saja mengeluarkan produk kamera mirrorless Z series yang menggunakan sensor full frame seperti Sony seri A7 dan A9. Menurut kabar yang beredar, Nikon mengklaim bahwa kamera mirrorless full frame-nya ini mampu menangkap cahaya lebih banyak sehingga memberi efek seolah-olah lensa yang terpasang memiliki bukaan besar.

    Sebagai contoh, lensa bukaan f/1.8 bisa berlaku seperti lensa dengan aperture f/1.4 dalam intensitas cahaya yang ditangkap.Debut kamera full frame mirrorless dari Nikon ini sendiri hadir dalam dua model kamera, yaitu Z6 dan Z7.

    Seri Z7 menggunakan sensor full frame 45,7 megapixel yang dipadukan dengan chip pengolah gambar Expeed 6 dan mampu menghasilkan burst rate hingga 9 FPS. Sedangkan seri Z6 lebih dioptimalkan untuk situasi low light dengan sensor full frame Backside-Illuminated 24,5 megapixel dan chip Expeed 6 untuk burst rate  12 FPS.

  • Kamera Full Frame Canon

    Sama seperti Nikon, Canon juga baru saja mengeluarkan produk kamera full frame mirrorless pertamanya melalui seri Canon EOS R. Spesifikasi kamera besutan Canon ini pun bisa dibilang tidak terlalu berbada dengan Nikon Z7.

    Perbedaannya, jika Nikon Z7 menggunakan resolusi 45,7 megapixel, Canon EOS R hadir dengan resolusi 31,7 megapixel. Namun meski resolusinya lebih kecil dibandingkan Nikon Z7, EOS sudah dibekali dengan low pass filter dan sensor-based stabilization, dua fitur yang tidak hadir di Nikon Z7.

    Sedangkan untuk image stabilization di lensa, Canon menyertakannya di dua dari empat lensa yang dirilisnya, yaitu lensa Canon RF 3 mm f/1.8 STM Makro dan Canon RF 24-105 mm f/4L IS USM.

  • Kamera Full Frame Panasonic

    Tak mau kalah dengan Sony, Nikon, atau Canon, Panasonic baru-baru ini juga telah merilis produk kamera mirrorless full frame-nya melalui 2 seri terbaru Panasonic S Series, yaitu Panasonic S1 dan Panasonic S1R.

    Kabarnya, seri S1 san S1R ini merupakan kamera mirrorless full frame pertama yang mampu merekam video beresolusi 4k dengan frame rate 60 fps.Dengan layar kamera yang bisa di arahkan ke atas, ke bawah, serta ke samping, Panasonic S1 dan S1R sangat mendukung para videografer atau vlogger dalam membuat konten video.

    Selain itu, kamera ini juga dilengkapi dengan sistem In-Body Dual Image Stabilization yang memungkinkan pemotretan atau perekaman video yang lebih stabil.Perbedaan utama dari seri S1 dan S1R terletak pada resolusinya.

    S1 memiliki resolusi 24  megapixel, sedangkan S1R mencapai 47 megapixel. Untuk lensanya, Panasonic menghadirkan lensa fix 50 mm f/1,4 zoom standar 24 – 105 mm, serta zoom telefoto 70 – 200 mm.

Jadi, itulah perbandingan kamera full frame mirrorless dari Sony, Nikon, Canon, serta Panasonic. Lalu, manakah yang paling bagus? Pada dasarnya, setiap merek kamera memiliki kelebihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.  Karenanya, keputusan untuk memilih merek kamera tergantung dengan kebutuhan Anda.

Sayangnya, keinginan untuk membeli kamera impian untuk kebutuhan hobi atau pekerjaan terkadang terhalang dengan mahalnya harga kamera. Terlebih, sejumlah produsen kamera umumnya menawarkan harga yang cukup fantastis untuk produk kamera full frame mirrorless-nya, yakni mulai dari belasan sampai puluhan juga rupiah.

Baca juga: Bisnis Fotografi Tak Perlu Modal Besar, Pakai Layanan Sewa Kamera Saja!

Untuk mengatasinya, sewa saja kamera Anda butuhkan di Pondok Lensa. Selain lensa, di sana Anda juga bisa menyewa berbagai peralatan fotografi dan videografi lainnya seperti lensa, lighting, tripods, video gear, dan mash banyak lagi. Semoga bermanfaat! Klik Disini untuk info lebih lanjut.